Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

UKT Itu Pembayaran Awal Atau Persemester?

(int)
PROFESI-UNM.COM - Uang Kuliah Tunggal merupakan kebijakan yang ditelurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Kalau dulunya mahasiswa dikenakan pembiayaan kuliah seragam disetiap semesternya, maka dengan UKT ini diberlakukan mulai tahun 2013, mahasiswa akan menenteng pembayaran sesuai dengan golongan yang telah disediakan oleh pihak unversitas.

Namun, masih banyak calon mahasiswa yang belum mengenali apa itu UKT? Sebut saja Ardi. Salah satu mantan siswa di salah satu sekolah yang ada di kota Makassar ini tidak mengerti dengan brosur yang tersebar di area UNM terkait pendaftaran jalur mandiri, begitu pun di situs resmi UNM. "Itu UKT sebenarnya pembayaran apa?," tanya lelaki ini kepada waatawan Profesi yang dijumpainya beberapa waktu lalu setelah pengumuman SBMPTN.
Draf UKT UNM
(Klik untuk memperbesar)


Dirinya mengakui, tak ada keterangan yang begitu jelas di brosur maupun di situs UNM terhadap sistem baru yang akan diterapkan ini. Padahal, ia berminat untuk kembali mengadu nasib dengan mendaftar di kampus pencetak tenaga pendidik ini. "Saya mau sekali masuk disini (UNM, red). Tapi saya masih ragu karena melihat brosur yang tertulis itu pembayaran, apakah dibayar per semester atau itu uang pangkal kalau mau masuk," terangnya.

Setelah dikonfirmasi, Pembantu Rektor Bidang Akademik Sofyan Salam menjelaskan, UKT merupakan sistem pembayaran yang berbasis kemampuan ekonomi pendapatan orang tua mahasiswa. Jadi, mahasiswa yang telah dinyatakan lulus di UNM dengan pembayaran yang telah ditentukan, akan membayar sebanyak itu disetiap semesternya.

"Tidak ada uang pangkal, atau uang awal. Yang jelasnya, kalau telah ditetapkan misalnya 2 juta pembayaran, maka itu yang akan dibayar di awal serta itu juga yang akan dibayar per semesternya," tegasnya.

Lanjut Guru Besar Fakultas Seni dan Desain ini, dengan sistem pembayaran seperti ini, mahasiswa tidak lagi dikenakan pungutan-pungutan lain disaat semester berjalan. Tak ada lagi pembayaran, tambahnya, KKN, PPL, WIsuda, dan lain-lain.

 "Jadi mahasiswa cukup membayar per semester sampai selesai. Tidak ada lagi pembayaran lain, karena itu sudah diintegrasikan di UKT," tegasnya.

Perlu diketahui, UKT ini merupakan akumulasi komponen pembayaran yang telah dirancang setiap program studi sebelum disosorkan ke mahasiswa. (*)


*Sutrisno Zulkifli



UKT Itu Pembayaran Awal Atau Persemester? Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 06.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.